Arc de Triomphe

Arc de Triomphe merupakan gapura yang berdiri di tengah kawasan Place de I’Etoile dan di ujung barat kawasan Cham Elysees. Arc de Triomphe atau yang berarti “Gerbang Kemenangan” ini dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte. Alasan pembangunan monumen ini untuk merayakan kemenangan tentara Perancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte dalam perang di Austria.

Monumen yang tingginya 51 meter dan lebar 45 meter ini disamping sebagai pintu gerbang kota Paris, juga sebagai tempat untuk meletakkan prasasti para Pejuang yang tidak dikenal dan sering dijadikan sebagai tempat berziarah dan peletakan karangan bunga. sebenarnya arc de triomphe adalah sebuah monumen yang dibangun atas perintah Napoleon Bonaparte untuk mengenang jasa-jasa tentara kebesarannya.

Selain untuk merayakan kemenangan Perancis, pembangunan monumen ini pun untuk menghormati jasa tentara yang tewas di medan perang. Untuk tentara Perancis yang meninggal dalam perang, namanya diabadikan di Monumen Arc de Triomphe.

Sebagai tempat yang menawarkan wisata sejarah, Arc de Triomphe telah menjadikan ikon sejarah Perancis. Pembangunan monumen ini telah direncanakan sejak 1806. Proses penyelesaian konstruksi pondasi dasar dari Arc de Triomphe ini selesai dalam waktu 2 tahun.

Namun sayang sang pemrakarsa monumen ini, Napoleon Bonaparte, tidak dapat melihat monumen ini selesai dibangun karena panglima perang terkenal dari Perancis ini meninggal dunia.

Untuk menghormati jasa Napoleon Bonaparte, jenazah Napoleon dibawa melewati Gerbang Kemenangan ini pada Desember 1840, sebelum dimakamkan di Invalides. DI bawah Arc de Triomphe ini terdapat makam prajurit tak dikenal. Hal itu untuk mengenang korban Perang Dunia I.

setiap wisatawan yang datang berkunjung ke kota paris, pastilah tidak akan pernah lupa untuk menilik monumen ‘charles de gaulle’ ini. letaknya yang strategis di tengah-tengah kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan yang sangat terkenal yang ada di avenue des champs elysees, seperti louis vuitton dan lancer. sungguh pemandangan yang nyaman dan patut untuk dinikmati.

Sumber dari http://negerianggur.blogspot.com/2011/04/arc-de-triomphe-de-paris.html dan http://rizkae.wordpress.com/2012/11/01/arc-de-triomphe/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *