Maria Antoinette

Ratu Perancis dan istri dari Raja Louis XVI ini memiliki berbagai macam julukan. Sayangnya sebagian besar julukan itu negatif karena banyak orang yang nggak suka sama perilaku glamournya. Meskipun begitu, nama Marie Antoinette begitu fenomenal dan bahkan hingga kini kisah hidupnya banyak diceritakan dalam bentuk buku ataupun film.

Marie Antoinette lahir di Vienna, Austria pada tanggal 2 November 1755 dengan nama asli Maria Antonia Josepha Johanna von Habsburg-Lothringen. Dia adalah putri dari Kaisar Francis I dan Ratu Maria Theresa dari Austria. Sebagai putri bungsu bangsawan Austria, Marie sangat dimanja. Sejak kecil, Marie sudah memperlihatkan gaya yang fashionable dan easy going sehingga dia menjadi kesayangan di keluarganya. Ketika Marie Antoinette berusia 14 tahun, dia dinikahkan dengan putra mahkota Perancis, Louis-Auguste untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Austria dan Perancis.

Setelah Raja Louis XV meninggal dunia, Louise Auguste pun naik tahta dan mendapatkan gelar Raja Louis XVI pada tanggal 11 Juni 1775. Setelah menjadi Ratu, perilaku glamor Marie Antoinette pun makin menjadi. Dia sering mengadakan pesta istana, membeli barang-barang mewah. Bahkan ketika Kerajaan Perancis sedang mengalami kesulitan uang akibat peperangan, Marie Antoinette tetap mengadakan pesta dan membeli perhiasan yang mahal. Rakyat semakin nggak menyukai Ratu ini ketika dia memutuskan untuk ikut campur dalam pemerintah Perancis.

Akhirnya pada tahun 1789, rakyat Perancis yang merasa menderita mulai melakukan revolusi terhadap keluarga kerajaan. Karena keadaan semakin parah, pada tanggal 21 June 1791, Ratu Marie Antoinette dan Raja Louis XVI beserta kedua anak mereka berusaha untuk kabur dari Perancis. Sayangnya, usaha mereka gagal dan keluarga kerajaan ini pun dipenjara. Marie Antoinette dipaksa berpisah dengan kedua anaknya dan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan revolusi. Pada tanggal 16 October 1793, Ratu Marie Antoinette yang cantik pun tewas dieksekusi dengan alat guillotine oleh rakyat Perancis.

Sumber dari http://www.gadis.co.id/gaul/ngobrol/marie.antoinette.queen.of.france/001/007/574

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *