Gedung Berselimutkan Pohon Bakal Hadir di Prancis

Berada di antara hutan beton perkotaan bukan berarti tidak bisa menghadirkan nuansa hijau. Arsitek Edouard Francois memperkenalkan desain gedung yang ditumbuhi tanaman di balkon, sehingga menghadirkan bangunan berselimutkan pepohonan dan nampak seperti gunung kecil yang hijau.

Gedung yang akan diberi nama kompleks Tour Vegetale de Nantes ini akan dibangun di Nantes, Perancis. Ini bisa menjadi kebanggan kota dengan konsep penghijauan serta menghemat energi. Tour Vegetale de Nantes menjadi tempat ritel, mulai dari perkantoran sampai apartemen.

Kompleks tersebut dibagi menjadi dua bangunan. Bangunan pertama ditutup facade karet hitam dan dijadikan gedung kantor. Yang lainnya merupakan menara perumahan yang dilengkapi ruang untuk balkon dengan banyak tanaman.

Potensi untuk memelihara pohon di sekeliling bangunan telah dipelajari dengan hati-hati untuk memahami sifat adaptif di kota dengan lingkungan asal mereka di pegunungan. Botanical Garden of Nantes bereksperimen dengan pertumbuhan pohon chasmophytes, koleksi langka tumbuhan pegunungan.

Tanaman ini memiliki akar yang kuat di sela-sela batu sehingga bisa juga tumbuh dalam tabung, yang bakal menjadi wadah tumbuh di gedung Tour Vegetale de Nantes. Eksperimen ini dilakukan selama setahun secara intensif dan memberikan hasil positif.

Francois akan menanam pohon dalam tabung panjang berdiameter 15 sampai 20 cm dan diletakkan di balkon. Tanaman tersebut kemudian berakar lalu tumbuh menjadi pohon-pohon pendek yang menyembul keluar dari gedung seperti bukit berbatu.

Lingkungan hijau akan menciptakan iklim mikro di musim panas. Meski ditumbuhi pohon, tapi sinar matahari tetap akan masuk ke gedung saat musim dingin.

Sumber dari http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00009097.html#ixzz2vWHFEBEx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *