Liburan Hemat di Paris, Ini Aneka Tempat Gratisnya!

Memang banyak sekali tempat menarik yang rasanya ingin dikunjungi saat liburan ke Paris. Tapi jika ingin hemat, Anda bisa liburan ke tempat gratis di Paris. Mana saja ya?

 

Pont Alexandre III

Paris adalah kota yang dibangun dengan arsitektur yang sangat indah. Seakan-akan setiap pojok kota ini penuh detil yang fotogenik yang minta difoto. Sayangnya, buat saya yang orang Indonesia bergaji Rupiah, kota ini sangatlah mahal. Untuk itu saya mencoba menikmati kota ini dengan biaya seminim mungkin.

Saya dan teman traveling saya tinggal di sebuah hotel di depan Stasiun Gare du Nord. Pertimbangan kami karena lokasinya strategis di depan stasiun kereta. Sebelum memulai perjalanan kami memperlengkapi diri dengan peta Kota Paris yang kami ambil dari meja resepsionis hotel.

Nah, bagi Anda yang ingin mencari destinasi gratis, ini dia daftarnya!

1. Pont Alexandre III, Petit Palais & Arche de Triomphe

Dari mesin tiket, kami membeli tiket kereta bawah tanah (RER) jurusan Stasiun Invalides. Keluar dari stasiun Invalides kami langsung berfoto ria dengan latar belakang Army Museum dengan kubah emasnya yang megah. Di bawah kubah itu bersemayam Napoleon I, bapak bangsa Perancis. Dari situ kami berjalan kaki melewati jembatan Pont Alexandre III, inilah jembatan paling cantik di Kota Paris (menurut saya lho).

Lalu kami lanjutkan jalan kaki ke Le Petit Palais. Gedung ini juga sangat cantik dan gerbangnya terkesan mewah dengan ukiran berwarna keemasan, tak heran karena dulunya adalah istana yang sekarang dijadikan museum berisi lukisan dan karya seni lainnya. Untuk masuk ke Petit Palais kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

 

Le Petit Palais

Dari sini kami berjalan kaki ke arah jalan yang terkenal ke seantero dunia yaitu Champs Ellysees. Di sepanjang jalan ini ada banyak butik-butik barang bermerk terkenal termasuk Louis Vuitton dan Cartier, didepan toko-toko tersebut kami cuma foto-foto saja, karena tujuan utama kami adalah gerbang Arche de Triomph.

Tips foto keren di sini adalah berdiri di pembatas jalan dan berfoto dengan latar belakang gerbang Arche de Triomph. Di bagian bawah gerbang ini ada nama-nama pahlawan Perancis yang gugur di Perang Dunia 2 dan ada api abadi keluar dari lantainya. Tempat ini juga gratis.

2. Menara Eiffel dan Trocadero

Dari Champs Ellysee kami naik kereta bawah tanah (Metro) jurusan Trocadero. Keluar dari stasiun kami langsung berhadapan dengan pemandangan yang kami idam-idamkan : Menara Eiffel! Yeah, akhirnya kami berhasil foto-foto disini! Kamipun menikmati pemandangan dengan duduk-duduk di Taman Trocadero dan Taman Champs de Mars sambil makan bekal sandwich yang kami beli di supermarket.

Tips : di sekitar Eiffel ada banyak penjual asongan gantungan kunci Eiffel, kalau kamu butuh beli oleh-oleh murah meriah buat orang se-RT, belilah di sini. Harganya paling murah se-Paris raya, tapi bawanya hati-hati jangan sampe kegencet di koper karena bisa patah hehehe…

3. Taman Tuilleries dan Louvre

Dari Stasiun RER Champs de Mars di dekat Menara Eiffel kami naik subway dan turun di Stasiun Musee d’Orsay lalu berjalan kaki ke arah Taman Tuilleries. Di area ini ada banyak sekali tempat yang menarik. Kita bahkan bisa menghabiskan waktu ber-jam-jam di sini.

 

Trocadero

Kalau kita mulai dari ujung Barat yaitu Place de la Concorde, disitu ada kolam dengan air mancur dan patung-patung di sekelilingnya. Lalu dilanjutkan berjalan kaki melintasi Taman Tuilleries dan berakhir di Museum Louvre. Kami menikmati matahari tenggelam di sini dilanjutkan foto-foto dengan piramid Louvre di malam hari.

La Place de La Concorde


4. Notre Dame

Hari kedua kami naik metro jurusan Gare d’Austerlitz untuk mengunjungi Jardin des Plantes. Taman yang berada di halaman Museum Natural History ini cukup lengkap koleksinya, saat kami kesana kebetulan sedang musim semi menjelang musim panas sehingga aneka bunga sedang bermekaran. Berbeda dengan taman-taman pada umumnya, di sini aneka bunga ditanam pada satu petak tanah sehingga terkesan alami.

Dari sini kami lanjut naik Metro lagi, turun di Stasiun Cite dan jalan kaki ke arah Katedral Notre Dame. Masuk ke gereja ini gratis padahal gerejanya bagus banget, lukisan kaca warna-warni di dindingnya membuat bayangan yang penuh warna di lantai gereja. Dari sini kami jalan kaki ke arah Hotel de Ville, sebuah bangunan fotogenik yang saat itu halamannya ramai dengan komidi putar. Kami jalan kaki lagi menyusuri Sungai Seine ke arah Louvre. Kalau melihat ada gereja tua kami pasti masuki, karena gereja disana cantik-cantik dan gratis hehehe…

Kunjungan ke Paris tidak lengkap kalau tidak mengunjungi museum. Karena museum di sana top markotop semua, world class collection deh! Kamipun memilih Museum Louvre karena kelengkapan koleksinya dan tentunya untuk melihat lukisan Monalisa secara langsung. Selesai dari Louvre kami naik metro tujuan stasiun Anvers ke katedral Scare Coeur.


5. Katedral Sacre Coeur dan Montmartre

Gereja berwarna putih yang berlokasi di atas bukit ini lebih khusuk suasananya dibanding Notre Dame yang penuh turis. Tapi di halamannya suasananya ramai sekali, selain turis ada banyak pelukis-pelukis jalanan dan orang menawarkan memasang gelang di tangan kita (yang kalau sudah terpasang tidak bisa dilepas lagi dan kita terpaksa bayar mahal. So hati-hati ya) dan banyak penjual makanan juga. kami menikmati sunset sambil melihat kota Paris dari ketinggian… duh cantiknya…

Tips : Di sini banyak penjual souvenir Paris. Siap-siap tergoda untuk belanja.

6. Aneka taman

Tempat cantik (dan gratis) lainnya yang kami rekomendasikan adalah taman-tamannya. Walaupun bisa dikunjungi dengan gratis, taman-taman di kota Paris ditata dengan serius. Sebagai budget traveler yang seringkali membeli bekal makan siang di supermarket, taman-taman ini adalah tempat favorit kami untuk menikmati makan siang.

Beberapa yang sempat kami kunjungi (selain yang sudah ditulis di atas) adalah Place de Vosges, sebuah taman yang dikelilingi bangunan berwarna bata, Jardin de Luxembourg, Royal Palais dan beberapa taman di halaman Museum. Semuanya cantik, semuanya berkesan dan semuanya gratis.

Jadi kalau anggaran kamu terbatas, jangan kuatir. Kita tetap bisa menikmati jalan-jalan dan pulang dengan koleksi foto-foto keren di kota tercantik di dunia.

 

Kucinglaut – d’Traveler – Minggu, 05/07/2015 10:35:00 WIB
http://travel.detik.com/read/2015/07/05/103500/2938840/1025/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *