15 Fakta Menarik Tentang Perancis

Perancis merupakan negara yang terkenal dengan seni dan modenya. Negara ini sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda Indonesia. Hampir semua orang menjawab Prancis ketika ditanya kemana mereka ingin pergi. Berikut ini ada 15 hal yang wajib diketahui mengenai Prancis.

1. Menggunakan nuklir sebagai pembangkit listrik

Di saat banyak negara mengalami polemik terhadap kebijakan penggunaan nuklir, negara Prancis justru sudah menggunakannya. Lebih dari 70% tenaga pembangkit listriknya mengguakan Nuklir. PLTN adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir, pada prinsipnya tenaga nuklir ini hampir sama dengan tenaga uap yang ada di Indonesia, hanya saja perbedaannya jika di Indonesia mayoritas masih menggunakan bahan bakar batu bara yang lambat laun akan habis dan boros. Negara Prancis memilih menggunakan nuklir karena salah satu alasannya adalah tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, karena nuklir tidak menghasilkan karbondioksida yang bertebaran di atmosfer, karbondioksida inilah yang memicu terjadinya iklim yang ekstrim dibumi dan peningkatan panas di permukaan bumi. Inilah alasannya Prancis lebih memilih menggunkan Nuklir sebagai bahan pembangkit listrik.


2. Peringkat 17 di dunia dalam pengurangan karbondioksida

Tak kaget jika Prancis mendapat penghargaan dunia terhadap kepeduliannya pada pengurangan karbondioksida. Prestasi ini telah dibangun dengan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap lingkungan, salah satunya seperti yang dipaparkan di atas bahwa dalam penggunaan bahan bakar saja, mereka menggunakan bahan yang ramah dengan lingkungan, menggunakan nuklir yang tak menghasilkan karbondioksida.

3. Produsen film terbesar kedua di dunia

Eksotisme nagara Prancis di berbagai lini, menjadikan negara ini sebagai produsen film terbesar kedua di dunia. Banyak film yang action maupun romantis yang lahir dari Prancis, karena selain keindahan lingkungannya yang mendukung untuk perfilman, Prancis juga memiliki perguruan tinggi yang fokus pada bidang tersebut hingga banyak meluluskan sutradara-sutradara handal.

4. Terbesar ke-5 di dunia untuk perekonomiannya

Bisa dibayangkan jika perekonomiannya saja maju dan terbesar ke-5 di dunia, apa yang akan kamu rasakan jika berada di sana. Segala akses untuk pendidikan, transportasi, sandang, papan dan pangan akan sangat terjangkau karena regulasi keuangan tertata dengan sangat rapi dan baik. Bahkan hal yang menarik adalah, meskipun seseorang di sana tidak memiliki pekerjaan bahkan tidak memiliki rumah, ia tetap diberi jatah oleh negara untuk makan sebanyak 3 kali sehari secara gratis.

5. Produsen wine terbesar dunia

Jangan salah, Prancis juga memiliki prestasi gemilang dalam hal pertanian. Negara yang juga sangat menjunjung tinggi kepedulian terhadap lingkungan ini, memiliki hasil panen yang harganya paling mahal dibandingkan hasil panen lainnya, yaitu wine atau minuman anggur. Semua orang tahu bahwa wine adalah jenis minuman yang sangat mahal dan tak heran jika hanya dinikmati oleh orang-orang kalangan menengah ke atas. Tak tanggung-tanggung, negara Prancis mampu memproduksi wine sebanyak 5 juta barel lebih per tahunnya. Terbayang berapa nilai yang akan diperoleh dari hasil minuman kelas VIP ini bagi para petani di sana. Wajar sekali jika petani anggur hidup dalam kecukupan yang di Prancis. Produksinya adalah yang terbesar di dunia, keanekaragaman anggurnya hingga 17 anggur daerah yang digunakan untuk wine.

6. Bir lebih mahal dibandingkan wine

Sangking melimpahnya jumlah wine di Prancis, hampir setiap selesai makan malam, warga Prancis justru menjadikan wine sebagai minuman sehari-hari. Sedangkan bir, yang di banyak negara harganya jauh lebih murah, justru menjadi minuman spesial, hanya akan diminum pada saat ada pesta atau perayaan saja.

7. Peringkat ke-7 negara sadar lingkungan

Kerja keras pemerintah Prancis dalam menjaga lingkungan, baik sungai dan hutan, berbuah manis. Universitas ternama dunia Universitas Coloumbia dan Yale menobatkannya termasuk 10 besar sebagai negara yang peduli terhadap lingkungan. Padahal jika dibandingkan negara lain, jumlah gunung dan sungai atau perairan yang ada di Perancis tak menjadi unggulan ekosistemnya, namun justru kesadaraan untuk melestarikan lingkungan inilah yang diakui oleh dunia.

8. Puluhan taman nasional dan 49 taman alam

Padahal hanya memiliki tak lebih dari 30% hutan yang menutupi daratan, namun kecintaannya tehadap lingkungan dan upaya menumbuhkan rasa tersebut di setiap individu warganya benar-benar diwujudkan, sehingga warga Perancis terbiasa hidup dengan alam dan memiliki kepedulian yang tinggi tehadapnya. Melalui taman-taman tersebut pemerintah Perancis berharap dapat medidik warganya untuk mengenal dengan siapa mereka hidup secara berdampingan.

9. Bahasa terpopuler ke dua di dunia

Bahasa Perancis merupakan bahasa yang paling banyak dipelajari oleh orang di seluruh di dunia setelah bahasa Inggris. Tak kurang dari 500 juta orang di dunia menguasai bahasa Perancis.

10. Bahasa Perancis adalah bahasa utama

Selain populer di kancah dunia, bahasa Perancis juga digunakan sebagai bahasa utama yang digunakan untuk percakapan sehari-hari lebih dari 70 juta orang di dunia. Pasalnya tak jarang ada bahasa yang populer, akan tetapi tidak banyak digunakan sebagai bahasa utama. Namun tidak demikian dengan bahasa Perancis. Selain bahasanya populer, juga banyak digunakan sebagai bahasa utama.

11. Menara Eiffel

Salah satu yang menarik di Perancis adalah menara Eiffel. Menara ini telah menjadi ikon global bagi Paris dan masuk dalam 7 keajaiban dunia. Menara yang didirikan oleh Gustave Eiffel ini merupakan menara tertinggi di Perancis. Selain itu, menara ini juga telah dikunjungi oleh lebih dari 200.000.000 orang dari berbagai penjuru dunia.

12. Tembok cinta

Ada sebuah tembok di Paris yang sangat besar dan panjang. Tembok ini bertuliskan kata-kata cinta atau janji cinta dari seorang seniman bernama Frderic Baron dan Claire Kito. Dengan menggunakan 500 lempeng, kata-kata cinta itu ditulis menggunakan 311 macam bahasa yang ada di dunia. Biasanya sepasang kekasih yang mengunjungi tembok tersebut tidak mau melewatkan moment untuk berfoto bersama di depan tembok ini.

13. Gembok cinta

Jika tadi ada yang namanya tembok cinta, di Paris juga ada yang namanya Gembok Cinta yang tentu saja lebih terkenal keberadaannya. Lokasi gembok cinta ini berada di jembatan Archceveche. Para pengunjung yang mayoritas adalah sepasang kekasih, akan menyatukan lalu memasang dua buah gembok dengan terkunci, baru kemudian kunci dari gembok itu dibuang ke laut. Mereka berharap, selama gembok itu berpasangan disitu, cinta mereka akan abadi selamanya.

14. Patung Liberty AS hadiah dari Perancis

Kamu juga pasti sudah kenal dengan yang namanya patung Liberty. Patung yang menjadi ikon terkenal negara Amerika Sertikat ini, ternyata adalah hadiah yang diberikan oleh Perancis kepada Amerika. Patung tersebut merupakan hasil desain dan pahatan orang Perancis, yaitu Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel). Patung ini diberikan sebagai penghargaan dan ucapan persahabatan atas seratus tahun kemerdekaan Amerika.


15. Negara wisata

Perancis selain memiliki tatanan masyrakat yang elok dan perekonomian yang kuat, Paris juga menjadi negara tujuan utama wisata. Setiap tahunnya kurang lebih 80 juta wisatawan datang ke negara yang memiliki lebih dari 40.000 kastil kuno ini. Perancis juga memiliki wahana hiburan yang menjadi andalan. Tempat yang satu ini lebih populer dan banyak diminati para pengunjung, yaitu Disneyland.

Sumber: http://www.berkuliah.com/2014/07/15-fakta-menarik-tentang-prancis.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *