Kuliner Indonesia Siap Taklukan Prancis

Sportourism - Kuliner Indonesia Siap Taklukan Prancis

Ekspansi kuliner Indonesia yang dikawal langsung oleh William Wongso dan Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Vita Datau Messakh, berupaya menaklukan dunia gastronomi Prancis dengan mempromosikan kuliner Indonesia di Negeri Menara Eiffel. Rencana ‘penjajahan’ itu berlangsung pada tanggal 4 hingga 13 Februari 2017.
“Acaranya seru. Masakan Indonesia dipromosikan di banyak dapur di hotel bintang lima di Paris, seperti Le Bristol dan Shangri-la dan di sekolah gastronomi ternama di Paris,” ujar Vita Datau, kemarin.
Wanita yang juga Ketua Akademi Gastronomi Indonesia itu terlihat bersemangat untuk terus mendorong kuliner nusantara tampil di pentas dunia. Sebab, Thailand, Vietnam dan Malaysia sudah lebih dahulu menggunakan taste makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata.
“Potensi kita tidak kalah. Jenis makanan kita juga seabrek jumlahnya. Tinggal mengemas menjadi kekuatan yang memiliki commercial value, bukan hanya cultural value,” ujarnya.
Selama 10 hari, ‘virus’ kuliner Indonesia pun coba disebar di Negeri Menara Eiffel. Mulai dari kalangan ahli dari Academy international de la Gastronomy, asosiasi tata boga dunia, masyarakat dan wisatawan, hingga kalangan akademisi ilmu memasak di Perancis, semua coba dirayu dengan cita rasa masakan Indonesia yang istimewa.
“Salah satu program percepatan khusus di bidang kuliner, Kemenpar akan mengkurasikan restoran-restoran yang telah established di 10 negara untuk diberi penghargaan sebagai Restoran Wonderful Indonesia yang perlu dipromosikan secara masif,” katanya. [Agung Rahmadsyah]

 

sumber: https://sportourism.id/post/7903/Kuliner-Indonesia-Siap-Taklukan-Perancis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *