Program NUSANTARA 2017

French-Indonesian Science and Technology Cooperation Program

NUSANTARA 2017 Call for Proposal

 

Pemerintah Indonesia bersama dengan Pemerintah Prancis kembali meluncurkan Program NUSANTARA 2017. NUSANTARA merupakan program pendanaan penelitian bersama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Kementerian Luar Negeri dan Perkembangan Internasional Prancis. Program ini mendukung seluruh proyek penelitian yang diusulkan oleh pusat-pusat penelitian. Proyek penelitian yang dapat diajukan mencakup berbagai bidang penelitian seperti: teknologi pangan, energi, kesehatan, kelautan, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, ilmu sosial, perubahan iklim, dan penanggulangan bencana. Pengusulan proposal penelitian ini terbuka bagi seluruh universitas, institusi penelitian sektor publik, dan perusahaan swasta.

Pendanaan penelitian terbagi dalam dua skema yaitu:

  • Research scheme, program ini akan mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup bahan baku kecil dan bahan habis pakai atau analisis. Pendanaan ini berlaku KHUSUS bagi penelitian yang dilakukan di dalam wilayah Indonesia (batas maksimum adalah 200 juta rupiah untuk setiap proyek, per tahun)

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (RISBANG), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 4

Jl.Jend.Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

  • Mobility scheme. skema ini mendanai pengeluaran penelitian yang mencakup perjalanan internasional dan biaya hidup selama jangka waktu penelitian. Pemerintah Prancis akan mendanai misi kunjungan periode singkat (travel and living allowances), baik itu di Prancis atau di Indonesia, dan Pemerintah Indonesia akan mendanai misi kunjungan berjangka waktu 2 – 3 minggu di Prancis (training, course) atau di Indonesia (visiting professor). Alokasi pendanaan proyek akan diputuskan oleh panitia seleksi gabungan.

Pengiriman proposal dengan skema ini dapat disampaikan ke:

Direktur Karir dan Kompetensi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan DIKTI (SDID), Kemenristekdikti – Gedung D, Lantai 5

Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Gelora Senayan, Jakarta 10270

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengumpulkan formulir aplikasi NUSANTARA dan Curriculum Vitae (CV) dalam bentuk hard copies, dimasukkan lengkap dalam amplop bertuliskan “PROGRAM NUSANTARA 2017”.

Informasi lengkap mengenai seleksi dan formulir pendaftaran dapat melihat tautan berikut:

Read more at http://www.dikti.go.id/program-nusantara-2017/#dKCJsfd26vjd6817.99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *