Europe on Screen 2017 di 6 Kota Indonesia Putar 74 Film Terbaik  

Europe on Screen 2017 di 6 Kota Indonesia Putar 74 Film Terbaik  

Poster Europ On Screen 2017. europeonscreen.org

TEMPO.CO,Jakarta – Festival Film Uni Eropa ke-17 atau Europe on Screen (EOS) kembali digelar di enam kota di Indonesia pada 5-14 Mei 2017. Tak kurang dari 74 film terbaik dari 21 negara Eropa akan diputar di enam kota tersebut, yakni Bandung, Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Festival Film Uni Eropa merupakan rangkaian dari peringatan 60 tahun traktat pendirian Uni Eropa sekaligus memperingati 40 tahun hubungan dialog UE-ASEAN. Vincent Guérend, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, mengatakan, Hari Eropa, yang setiap tahun diperingati pada 9 Mei, merupakan simbol perdamaian dan persatuan di Eropa.

Hari Eropa juga bertujuan mengingatkan bahwa Uni Eropa secara aktif menjangkau ke belahan lain dunia serta membangun hubungan lebih erat dengan Indonesia dan ASEAN.

”Tahun ini, Uni Eropa akan menyelenggarakan sebulan penuh kegiatan di Indonesia. Masyarakat dapat mengenal lebih dekat budaya dan tradisi Eropa, serta dapat menambah wawasan tentang kegiatan Uni Eropa di Indonesia—mulai dari hubungan politik hingga kerja sama pembangunan, dari pertukaran budaya hingga pertukaran bidang pendidikan,” ujarnya, Selasa, 2 Mei 2017.

Selain festival film, UE mengagendakan sejumlah kegiatan lain. Pada 7 Mei 2017, misalnya, akan digelar lomba lari EU-ASEAN di jalan protokol Jakarta, dari Intiland Tower—lokasi kantor Uni Eropa—dan berakhir di Sekretariat ASEAN.

Di garis akhir ini, para peserta dapat menikmati berbagai pertunjukan budaya dan makanan unik asal negara-negara anggota Uni Eropa dan ASEAN. “Tahun 2017 merupakan tahun penting karena adanya peringatan 40 Tahun Hubungan Dialog Uni Eropa dan ASEAN serta 50 Tahun sejak berdirinya ASEAN,” kata Francisco Fontan, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN.

Pada Mei, Uni Eropa akan menyelenggarakan pula resepsi diplomatik, acara peluncuran laporan tahunan kerja sama pembangunan Uni Eropa dan Indonesia, lokakarya insentif keuangan untuk industri perfilman, debat tentang mengatasi berita palsu (fake news) dan penyebaran ujaran kebencian (hate speech), serta berbagai kegiatan lain.

 

 

Sumber:

SELASA, 02 MEI 2017 | 18:36 WIB

https://m.tempo.co/read/news/2017/05/02/111871534/europe-on-screen-2017-di-6-kota-indonesia-putar-74-film-terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *